Book Review: It’s My Startup




Setelah beberapa minggu mengenal komunitas Start Surabaya, saya iseng mencari buku mengenai startup. Sedikit susah karena di Indonesia, startup sendiri masih menjadi barang baru bagi pelaku industri dalam beberapa tahun terakhir. Bagi anak manajemen seperti saya, startup juga merupakan barang baru, tidak pernah dibahas dalam satu kelas pun selama saya menimba ilmu di ‘rumahnya’ Phillip Kotler, Hani Handoko, dan kawan-kawannya. Karena baru banget inilah, buku mengenai startup jarang bisa ditemukan, terutama yang ditulis oleh pelaku industrinya sendiri.
Lahandi Baskoro, senior content strategist dari KASKUS, melalui Metagraf, anak penerbitan Tiga Serangkai, menulis seluruh pengetahuan dari A-to-Z mengenai dunia startup dan khususnya kondisi industri ini di Indonesia. Karena Lahandi Baskoro berasal dari kalangan startup yang berbasis web, kebanyakan isi buku ini memang ditulis dari pengalamannya selama berkecimpung di KASKUS. Dalam cover bukunya, Lahandi merangkum isi bukunya sebagai :

“…Buku ini sederhana. Namun isinya saripati semua. Saripati dari pengalaman, pengetahuan, dan juga pergaulan penulisnya dengan dunia startup…”

Isi buku ini memang hanya saripati saja, tanpa ada kesan bertele-tele dalam mengurai cerita dari satu kisah startup ke kisah yang lain. Bagi pemula seperti saya, It’s My Startup memberikan kemudahan bagi saya untuk memahami 50 tips membangun startup dengan cermat dan mudah.

Tidak sekadar tips saja yang terangkum di buku ini, cerita maupun quote penuh inspirasi dari start up guru berbagai negara berhasil diurai. Disampaikan dengan cara bertutur, It’s My Start Up memberikan angin segar bagi industri teknologi di Indonesia. Khususnya bagi mereka yang merasa terlalu muda untuk membuat start up atau malah terlalu tua untuk mengganti pekerjaan utama mereka menjadi seorang pemilik start up. 

Keep Dreaming 

Komentar