#Day1 : Alasan Nge-blog?

Hai! Hola!

Kenalkan aku Hanna, pemilik blog ini dan sekarang sedang ikutan #BPN30dayChallenge2018 oleh Blogger Perempuan Network. Untuk perkenalan lebih mendalam tentang aku bisa langsung klik disini . Tantangan hari pertama dari #BPN30dayChallenge2018 adalah menulis minimal sebanyak 300 kata mengenai alasan mengapa menulis blog. Berikut tulisan aku mengenai alasan aku nge-blog untuk memenuhi tantangan hari pertama. 




Hola!
Mengenal blog dari zaman SMP dan 9 tahun yang lalu, iseng membuat blog ini untuk sekedar pelampiasan emosi masa SMA. Dulu masih suka curi-curi waktu kalau ke warnet (akses internet waktu itu antara sekolah dan warnet) , entah buat mengerjakan tugas, nulis-nulis di blog ga jelas, dan blogwalking. Lama-kelamaan, sebagian  tulisan tak jelas itu adalah puisi dan prosa bisa dilihat di buku agenda zaman SMA yang jumlahnya hampir setengah lusin atau di iPad itu terunggah ke blog. Kebiasaan menulis itu akhirnya menjadikan aku sebagai anggota klub jurnalistik dan diseret untuk ikut menulis artikel ilmiah dari zaman SMP, SMA, dan kuliah.


Karena ikut klub jurnalistik, kesempatan untuk dapat dimuat di majalah dan dibaca oleh orang lain semakin besar, dan tantangan menulis saat itu menjadi-jadi, karena merasa stress sendiri akan penilaian orang lain.  Alhasil, blog menjadi pelarianku (lagi) karena bebas jadi diri sendiri, dan waktu itu blog aku belum pernah aku promosikan. Menulis di blog jauh lebih melegakan karena bisa bebas menulis dengan keinginan diri sendiri, dimana kalau nulis di majalah atau menulis ilmiah pasti kepikiran alur logika, pola penyampaian pesan, dan seluruh tetek-bengek penulisan ala ala jurnalistik maupun ilmiah.

Akhirnya aku nge-blog, tetapi tetap saja buntu ingin menulis apa pada awalnya. Mau nulis curhat galau-galau gitu biasanya langsung aku hapus lagi (kecuali yang memang di-galau-in penting, akhirnya terunggah juga). Selain itu, pada saat itu aku ga begitu punya teman yang bisa aku percaya untuk cerita macam-macam sehingga menjadikan blog sebagai ladang iseng nulis. Menulis hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara frontal kepada orang-orang yang tulisannya aku tujukan akhirnya terunggah di blog. Tulisan yang membebaskan dari kata kepikiran karena akhirnya 'tersampaikan' dan tidak terkurung di dalam buku agenda.

Hingga pada beberapa waktu yang lalu, beberapa teman dan anggota keluarga 'mulai' mengusik soal variasi isi blog. Mereka mulai menyarankan untuk menulis hal-hal yang aku tahu mulai dari soal kampus, pekerjaan, dan juga hobi aku yakni baca buku, nonton film, makan, dan jalan-jalan. Sebuah ide yang menarik. Karena hal tersebut, alasan menulis blog menjadi bertambah yakni membagikan apa yang aku alami dan tahu di kehidupan sehari-hariku yang kemungkinan bisa berkontribusi ke kehidupan orang lain. Ya, aku mulai membuka beragam opsi untuk menulis blog dan mengisi blog ini menjadi 'bermanfaat' bagi kesejahteraan diri sendiri dan juga orang lain. Ini alasan nge-blog aku, bagaimana alasan nge-blog kamu? Jangan lupa berbagi pemikiran dan cerita kamu di kolom komentar ya. Sekian dariku :) 

Komentar

  1. Teruskan ngeblognya ya Rizky
    Makin asik kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya, Mbaaak... seru banget ikut challenge rame-rame begini :)
      Terimakasih sudah mampir kesini,Mbak Heni :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Semangat juga buat Mbak Rahma. :)
      Terimakasih sudah mampir kesini, Mbak Rahma :)

      Hapus
  3. selamat datang di dunia blogging mbak. nulis ajaa terusss hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Nizam, junjunganku saat nge-blog, terimakasih banyak, kamu juga biar bisa dapat rumah dari nge-blog :)

      Hapus
  4. Waahhh 9 tahun yaaa,, lanjutkann

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya, Mbak, lama banget... Mbak juga semangat nge-blognya :)

      Hapus
  5. 11 12 sama aq alasannnya nih hehee

    BalasHapus
  6. komunitas memang mempengaruhi ya mbak, apalagi klub Jurnalistik... sama saya juga dulu gitu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakaknya klub jurnalistik juga?? wah keren.. iya kebanyakan orang yang aku kenal nge-blog kebanyakan masuk klub jurnalistik nih, Kak

      Hapus
  7. Semangat terus.. semoga Istiqomah dan membawa manfaat ya.. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga, Kak. Semoga kakak juga istiqomah dan membawa manfaat ya nge-blognya :)

      Hapus
  8. Sekali ngeblog bakal bikin ketagihan deh mbak, semangat ngeblognya termasuk nyemangatin diri sendiri hehehe. salam kenal :)

    BalasHapus

Posting Komentar