Student Ambassador : Mengasah Kemampuan, Memperluas Pertemanan

Juli 29, 2018



"Han, ceritain dong kok bisa jadi student ambassador nya cicil.co.id?"

Kalau disuruh menceritakan kenapa bisa gabung sebagai student ambassador cicil.co.id, ceritanya bisa lama banget. Hihihi. Student ambassador sendiri sekarang banyak dipakai oleh startups untuk mencari talenta muda yang akan diasah dengan dasar keterampilan hidup di dunia startups sehingga ketika lulus dan memilih bekerja di dunia startups maupun industri kreatif lainnya, kita sudah siap lahir batin gitu dengan workload dan tanggung jawab sebagai pekerja kreatif. Dulu Google dan Tokopedia memiliki student ambassador yang memperkenalkan produk mereka hingga membangun relasi antara mahasiswa dengan industri teknologi.Akhir-akhir ini, tren startups yang ditujukan ke anak muda sedang menjamur seperti cicil.co.id, cetaku, mamikos, dan masih banyak lagi. Ketiga startups yang aku sebutkan sebelumnya juga rajin banget mencari student ambassador untuk mewakili brand yang diusung startups.

Buat kamu yang tertarik untuk terjun di startups dan juga berkeinginan untuk memperluas jaringan selama kuliah, kamu bisa nyoba nih student ambassador. Nah, karena aku bergabung sebagai student ambassador untuk cicil.co.id, aku akan memberikan gambaran bagaimana rasanya menjadi student ambassador untuk cicil.co.id.

For your information, cicil.co.id merupakan financial technology start up yang memberikan cicilan untuk mahasiswa dengan tawaran yang kompetitif dan tentu saja aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, kamu para mahasiswa bisa tenang mengajukan cicilan untuk produk favorit kamu di marketplace maupun cicilan pendidikan karena cicil.co.id memberikan layanan cicilan sesuai dengan pengawasan nasional yang diterapkan Otoritas Jasa Keuangan.

  • Kemauan Menolong Orang Lain 
Menjadi student ambassador salah satunya menolong orang lain untuk mengenal produk yang kita wakili. Well, kadangkala aku harus bertemu banyak orang baik di dunia nyata maupun maya setelah ditunjuk jadi student ambassador yang mulai iseng bertanya apa sih cicil.co.id hingga membantu bagaimana mengisi aplikasi cicilan di website cicil.co.id. Di cicil.co.id, sebenarnya student ambassador merupakan perwakilan dari kampus mereka masing-masing. Khusus nih bagi pengguna cicil.co.id yang masih sedikit student ambassador nya membutuhkan bantuan dari student ambassador kampus lain agar mereka memahami apa dan bagaimana mendaftarkan aplikasi mereka ke cicil.co.id serta memberikan financial literacy tentang financial technology sendiri. 

  • Kemampuan Berkomunikasi 
Bagi aku yang anak ilmu komunikasi, berbicara secara personal maupun di depan umum dan dunia maya merupakan makanan sehari-hari. Untuk itu, aku berupaya untuk menambah ilmu mengenai berbicara dan mendengarkan dengan baik, karena kadangkala ada pengguna tetiba curhat atau pengguna yang terlalu pendiam dimana aku perlu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka sebagai pengguna dari cicil,co.id. 

Selain itu, cicil.co.id sering banget menjadi sponsor maupun tenant di acara-acara kampus. Nah di acara kampus, aku sering banget didaulat untuk pitching memperkenalkan apa sih cicil.co.id dengan waktu terbatas tetapi pesan yang mengena ke calon pengguna di hadapan publik. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan sering terasah ketika kamu menjadi student ambassador nya cicil.co.id. 

Untuk di dunia maya, aku pernah membantu kakak campus coordinator untuk membuat konten sosial media seperti di instagram di awal-awal jadi student ambassador dan membuat caption serta foto menarik untuk social media influencer untuk memperkenalkan cicil.co.id. Kemampuan mengolah pesan melalui foto dan tulisan (terkadang script narator) membuat aku semakin kreatif di cicil.co.id. 

  • Kemauan untuk Belajar di Luar Bidang Ilmu 
Sejujurnya, aku tak bisa desain, fotografi, dan video walau dapat mata kuliah tentang ketiganya di kelas.Aku lebih suka menulis sih hehe. Semenjak di cicil.co.id, aku berusaha mengobservasi konten sosial media yang sesuai dengan target dari cicil.co.id dan membuat contoh portofolio ketiganya karena kadangkala saat promosi acara di kampus, kamu harus bisa mengandalkan dirimu sendiri untuk membuat konten yang berkualitas agar channel promosi cicil.co.id dan kamu bisa digunakan dengan baik dan rapi sesuai SOP dan kekinian. 

  • Kemampuan Mengorganisasi Acara 
Setiap berapa bulan sekali, kamu akan diminta untuk mengorganisasi acara baik promosi di kampus sampai kegiatan sosial yang diselenggarakan cicil.co.id . Kegiatan tersebut memerlukan kerjasama dengan pihak di luar cicil.co.id.Kemampuan kamu untuk bisa berkoordinasi dan mengeksekusi setiap rencana yang ada dalam acara sangat penting. Tapi tenang saja, ada bantuan dari campus coordinator dan teman-teman sesama student ambassador yang akan membantumu mengorganisasi acara dengan baik. 

  • Kemauan untuk Transfer Ilmu 
Setiap bulannya, akan ada student ambassador yang datang bergabung dan pergi dikarenakan masa studi mereka di kampus telah usai *ini mah sedih bats*. Untuk teman-teman yang baru bergabung, para senior student ambassador bakal menolong kamu agar tak kesulitan dengan sistem yang dijalankan di cicil.co.id, yang diharapkan setelah para senior pergi, teman-teman yang ditinggal mau mengajarkan beragam hal yang dipelajarinya selama menjadi student ambassador ke teman-teman baru. 

Di cicil.co.id, kamu tak hanya mengasah kemampuan tapi juga memperluas pertemanan serta mendapatkan komisi yang menarik untuk menambah uang bulanan kamu. Banyak hal yang bisa kamu petik sebagai student ambassador dan juga kamu semakin kenal banyak orang yang membuat kamu bisa belajar hal baru yang tak pernah kamu bayangin. Contohnya, aku belajar mengenai merawat kucing dari student ambassador yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan, belajar make up dari student ambassador dari Fakultas Vokasi, hingga belajar statistika dan ekonomi dari student ambassador yang berasal dari Fakultas MIPA dan Ekonomi dan Bisnis. Seru kan? Hayo, kalo bukan sekarang, kapan lagi bergabung jadi student ambassador cicil.co.id. Klik aja cicil.co.id/joinus untuk bergabung.

Penasaran dengan layanan cicil.co.id untuk kampus kamu? Kamu bisa lihat daftar kampus yang bekerjasama dengan cicil di website mereka.

Jangan lupa daftarkan diri kamu di cicil.co.id dan ajukan aplikasi cicilan kamu dengan kode referal 'AIRRH1' untuk mendapatkan potongan DP sebesar IDR 20.000 untuk kamu mahasiswa Universitas Airlangga. Untuk sekedar sharing atau bertanya, kamu bisa DM aku via instagram @rizkyhannae

See ya in the next post :) 

2 komentar:

  1. Kemarin sempet mau daftar, tapi ngerasa belum mampu aja gitu, wkwk...

    acipah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Syifa...

      Pengalaman menjadi student ambassador merupakan pengalaman belajar, jadi kamu bisa mengeksplor apa yang kamu punya saat ini jadi jangan gampang takut untuk ga mencoba ya. See ya kalo jadi daftar dan diterima di cicil ya:)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.