#Day2 : Buka-bukaan soal Tema...

Hola! 
Setelah sebelumnya telah menulis alasan ingin nge-blog yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya #BPN30DaysChallenge , kali ini aku ingin membahas hal-hal apa saja yang biasanya aku tulis di blog. Tema dalam blog menurut aku penting sekali karena sebuah petunjuk garis besar bagaimana blog aku merepresentasikan kepribadian dan minat aku. 


Seperti perempuan pada umumnya, postingan galau-galau di setiap blog pasti ada tak terkecuali daku ya masih suka galau. Tapi ga semua hal yang diposting galau mulu kok. Postingan blog aku terbagi beberapa kategori berikut ini: 

  1. Looking Back 
Bagian ini mungkin bagian yang paling bersejarah karena kerjaannya adalah membahas masa lalu banget. Awalnya postingan yang berbau looking back ini dimaksudkan untuk nyampah hal-hal yang tak berdasar yang pada akhirnya menjadi ajang cerita masa lalu baik suka maupun duka. Menulis bagian ini kadangkala isinya nostalgia mulu. 

             2. Thought 

Seluruh isi pikiran dan opini yang tersembunyi yang masih berkaitan dengan isu-isu terkini (selama bukan isu politik ya J  ) . Beberapa isu yang pernah dan akan diulas dalam kategori Thought adalah pengembangan diri, kesehatan mental, disabilitas, gaya hidup hijau, dan ajang kecantikan.
  1. Campus Life 
Semua curhatan, pengalaman, dan portofolio selama kuliah masuk kesini. Karena berhubung aktif nge-blognya pas baru kuliah di Komunikasi, jadi rata-rata tulisan di kategori ini adalah bidang komunikasi atau pengalaman selama jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan mata kuliahnya yang serba ajaib.
  1. Startup 
Karena bekerja di bidang startup, kategori ini tak luput sebagai tema dari blog ini. Walau tulisan kategori ini belum banyak dikarenakan dibutuhkan riset yang mendalam (dan fokus 110% buat membaca secara detail) , beberapa pengalaman mengenai ikutan lomba yang berkaitan startup maupun apa saja yang ada di startup diulas disini.
  1. Poem 
Siapa yang suka puisi, yuk angkat tangan!
Kepanjangan dari looking back yang temanya agak nge-sastra dikit. Hobi menulis puisi memang hobi yang ga bisa lepas. Cuman akhir-akhir ini lebih suka nulis lirik lagu dengan bantuan instrumentalia lagu-lagu K-Pop atau OST Drama.
  1. Writing Project 
Writing Project disini merupakan kategori tulisan di blog yang telah digarap bareng komunitas KITA JATIM, komunitas pengguna Tumblr. Sebelumnya aku suka banget nulis di Tumblr terutama yang galau-galau.  Lalu akhirnya semangat nulis kalo dikasih challenge kayak #BPN30DAYSCHALLENGE kali ini. Beberapa tulisan di writing project ini merupakan hasil kolaborasi antar pengguna Tumblr yang sudah dikurasi oleh pengurus komunitas Tumblr tersebut.
  1. Jalan Sendirian 
Akhirnya sampai pada bagian paling akhir dan seru yakni Jalan Sendirian. Kategori ini muncul karena banyak orang yang merasa ga aman dan nyaman buat pergi kemana-mana sendirian bahkan pergi makan di sekolah sendiri. Sebagai orang yang sudah terbiasa pergi kemana-mana sendirian, membuat kategori ini merupakan motivasi untuk berani keluar dari zona nyaman kalo pergi ramai-ramai. Siapa tahu ketemu hal yang baru kan kalo sendirian, seperti dapat diskon besar-besaran atau kenalan baru yang seminat ?


Tema-tema tulisan di atas yang sudah dibagi ke dalam beberapa kategori merupakan tulisan yang paling sering diunggah di blog aku loh. Untuk tema desain blog, aku selalu memilih desain minimalis dimana kalo bisa buat editing html dan layout ga membuat aku sampai mati gaya karena bingung harus ngedit yang mana. (harap dimaklumi, aku sampai sekarang masih kesulitan belajar html di codecademy :( )


Bagaimana dengan kamu? Apakah ada yang sama atau beda dengan gaya nge-blog aku? Yuk cerita di kolom komentar ya J

Komentar

  1. Iya ya biasanya apa yg kita sukai otomatis kita masukkan sebagai kategori tulisan kita di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya,mbak... soalnya yang paling sering dikepoin juga hal-hal yang kita sukai juga :)

      Hapus
  2. tungguuuu... kok sama-sama anak Kita Jatim-nya. aku dulu juga suka ikutan writing projectnya, trus lama-lama dia dan aku tenggelam di telan bumi, seiring tumblr yang pun ditenggelamkan oleh kominfo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mbak Lely.Ini Mbak Lely di grup kitajatim bukan sih?

      Hapus
  3. Jalan2 sendirian juga sering saya lakukan tp nggak saya angkat jadikan tema di blog, nggak kepikiran soalnya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos, mbak, hobi kita sama jalan-jalan sendirian...hehehe...

      Hapus
  4. Kalau pakai kategori gini lebih mudah nyarinya ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya, mbak... soalnya kalo ga dibuat kategori gini suka bingung tulisannya tema apa :)

      Hapus

Posting Komentar