#Day3 : Memilih Nama Blog Itu ......


가는 말이 고와야오는 말이 곱다 - One good turn deserves another
(Korean proverbs)

Nama adalah do’a. Ungkapan umum dalam beragam bahasa di kebudayaan Asia. Memberikan nama merupakan salah satu perkara kehidupan yang rumit, menentukan garis takdir seseorang dari nama apa yang disandangnya. Bukan hanya nama seseorang, menamai organisasi, perkumpulan, hingga benda pun menjadi rumit dikarenakan harapan nama tersebut abadi dikenang orang. Salah satunya, menamai blog.
Menamai blog dengan nama diri sendiri sudah sering dilakukan. Alasannya bisa bermacam-macam seperti untuk menyakinkan kepemilikan nama di dunia nyata maupun dunia maya adalah milik orang tersebut, memperkuat reputasi brand, hingga tak ada pilihan lain untuk tidak memakai nama tersebut.
Sebelum menggunakan nama blog yang sekarang, aku sudah berulangkali menggonta-ganti nama blog. Mulai nama yang sangat alay pada masanya hingga nama yang agak melankolis. Hal ini berlaku juga pada nama panggilan. Memiliki nama panggilan yang berbeda di tiap komunitas membuat aku bisa membedakan siapa yang memanggil dan darimana asalnya.
Hingga akhirnya, aku memutuskan untuk membeli domain sendiri agar semakin termotivasi untuk nge-blog. Ingin menggunakan nama yang agak artsy gitu tapi melihat diri sendiri yang biasa aja dan tak ada artsy artsy nya sama sekali membuat sadar diri untuk tidak pakai nama aneh-aneh. Akhirnya nama lengkap, lebih tepatnya nama depan dan nama tengah menjadi pilihan nama blog aku yakni Rizky dan Hanna. Waktu aku lahir, nama aku menjadi bahan diskusi yang panjang karena nama anak pertama dan juga cucu perempuan pertama. Orangtua memutuskan untuk menggunakan nama Rizky Hanna Ekaputri yang berarti bunga rezeki dari putri pertama yang kadangkala diplesetkan jadi bunga bank (mohon maklumi kalau orangtua saya sama-sama pekerja industri keuangan kaya gini ini gesreknya :) )
Membeli domain sendiri dengan nama asli juga merupakan upaya memperkuat brand nama aku sendiri.Karena nama Rizky Hanna juga banyak dan beragam pula karakternya. Aku berharap dari nama blog aku ini, aku bisa memberikan banyak informasi yang dibutuhkan orang lain, melancarkan rezeki orang lain, dan juga memberikan kebahagiaan saat menemukan sesuatu yang diperlukan, seperti saat melihat bunga bermekaran yang cantik di musim panas.  

Bagaimana dengan nama blog kamu? Yuk cerita di kolom komentar alasan memilih nama blog kamu :)

Komentar

  1. Semoga dri nama blog kakak ini bsa menebarkan banyak manfaat ya kak . Aamiin..

    BalasHapus

Posting Komentar