Tips dan Trik ke Youtube FanFest Showcase

Oktober 06, 2019

Hola hola hola, gengs!


Aku mau cerita keseruan aku datang ke YouTube FanFest Showcase Surabaya 2019 Hari Pertama sekaligus sedikit tips dan trik yang bisa akan kalian coba kalo kalian datang ke YouTube FanFest Showcase yang ada di kota kamu atau kamu memilih datang di hari kedua buat yang di Surabaya. Berhubung aku datang sendirian *selayaknya jomblo ngenes sejati*, aku mau mendukung tim #jalansendirian ke festival ini. Ada juga tips buat teman-teman yang bakalan bawa keluarga baik anak-anak atau orangtua yang sudah sepuh ke YouTube FanFest.

Short story, aku tuh tahu acara ini dari grup WhatsApp yang membahas siapa nih yang mau ikut di acara dua hari ini. Yap, YouTube FanFest Showcase Surabaya 2019 memang diadakan dua hari yakni 5 dan 6 Oktober 2019 di Lantai 4 Convection and Exhibition Grand City Surabaya. Acaranya sendiri adalah upaya mempertemukan antar kreator dan audiens mereka secara langsung saat itu juga. Tak hanya kreator dari kota Surabaya dan Indonesia, kreator dari Korea Selatan juga turut memeriahkan YouTube Fanfest Showcase kali ini.

Line up bintang tamu hari pertama terdapat Jang Hansol, kemudian Ghea Indraswari, BAZ, dan Londo Kampung. Berhubung aku tidak sampai 100 persen mengikuti acara ini dikarenakan satu dan lain hal, aku mau mengulas beberapa hal yang menurut aku penting banget dan semoga berguna untuk beraktivitas di venue buat kalian yang niat banget datang di hari kedua besok buat ketemu Brisia Jodie, Young Lex, dan lain sebagainya.

  • .       Bawa Tas yang Nyaman dan Perhatikan Larangan Bawaan


Ini saran aku paling utama karena aku sedikit kesulitan pake totebag aku karena keberatan bawa travel make up aku. Part of my mistake sih. Bawa tas yang nyaman kalo bisa backpack biar ga kerepotan bawa barang dan juga mulai melakukan efisiensi barang bawaan yang ga perlu. Ini peringatan yang cukup krusial karena aku melihat berbagai minuman kemasan yang dibawa oleh pengunjung akan disita. Sebenarnya ada beragam larangan barang bawaan yang diberlakukan oleh EO. Bisa sekalian dicoba buat dicek ke youtubefanfest.com soal larangan barang bawaan. Buat yang khawatir soal makan dan minum, tenang aja ada stand sponsor dimana kamu bisa makan maupun minum.

Untuk orangtua yang membawa anak dan anak yang membawa orang tua yang lumayan sepuh, mohon dengan amat sangat untuk membawa hal-hal yang bisa membantu saat-saat darurat terjadi. Karena kemungkinan berdiri di venue akan cukup lama sepanjang acara, mulai perhatikan opsi apa saja jika anak mulai menunjukkan tanda-tanda ga sreg di lokasi yang cukup ramai dan orang tua yang tidak betah dengan suara sorakan dari beragam penjuru. Walau aku belum punya anak dan tidak membawa anggota keluarga, telinga aku mulai berdenging cukup kencang saat sorakan mulai bersahutan. Untung bawa handuk dimana aku bisa meredam suara dengan menempelkan handuk ke telinga.

  •   Pilih Parkir yang Nyaman


Karena berhubung akses lewat lift ke lantai 4 ditutup di Grand City, kamu harus masuk melalui connecting yang ada di lantai 4 dekat area food court. Agak ribet kalo missal bawa anak-anak maupun tetua karena jarak parkirnya lumayan ya. Ditambah parkir lantai atas ga ada parkir khusus perempuan. Huhuhu. Parkir basement ditutup separuhnya di area Convention dan Exhibition, jadi aku hanya menyarankan buat parkir basement untuk perempuan di area Mall. Sedangkan bagi yang berpengalaman parkir, silahkan dipilih di lantai berapapun selain basement. Tanjakan dan belokan di area parkir cukup tajam dan curam, jadi berhati-hatilah saat bolak-balik tahan pedal saat antri. Sedikit peringatan buat yang lengan tangannya pendek untuk mendekatkan mobil ke arah mesin tiket agar bisa menekan tombol tiket dengan mudah.

Untuk teman-teman yang berada di kota lain, parkir di tempat yang sekiranya aman dan nyaman ya. Terutama jika parkir di sekitar venue tidak memadai bisa diakali dengan naik transportasi online atau naik transportasi umum.

  •        Datanglah Lebih Awal



Open Gate bisa saja jam 13.30 tapiiiiii ada tapinya ini. Petugas akan melakukan pemeriksaan lengkap terhadap barang bawaan dan juga teman-teman akan medapatkan jatah minum selama acara berlangsung sebelum masuk. Penonton mulai akan terklasifikasi berdasarkan kedatangan dengan merch yang menandakan kalo kamu datang untuk kreator tertentu. Contoh paling nyata, jika kamu datang paling awal, kamu bisa mendapat gelang dengan nama kreator favorit kamu yang berarti kamu bisa M&G bareng kreator favorit kamu. Kalo agak telat dikit, kamu kemungkinan dapat merch berupa gelang maupun pin dari YouTube Go yang jumlahnya lumayan banyak. Sisanya aku ga begitu memperhatikan tapi pastinya susah banget buat berkeliling dan menentukan posisi super strategis di dalam venue kalo telat.

  •        Do Your Best!



Beragam booth sponsor yang menarik mata, hati, dan telinga akan membanjiri dengan promonya yang serba menarik. Kamu bisa mencoba berbagai tantangan ASMR, Claw Machine, hingga mencoba gadget terbaru. Tapi mohon diingat jangan terlalu asyik bermain di booth karena makin lama area penonton bakalan penuh dan ga bisa melihat dari jarak yang cukup dekat. Beberapa orang akan membawa banyak banner nama dan wajah baik lewat handphone atau buatan tangan dari karton. Mohon bersabar kalo bakal ketutupan sama banner ya kalo posisi tidak pas.

Untuk booth, aku saranin buat datang ke booth yang antrinya bisa cepat tanpa drama. Segera isi data diri di booth yang mau dituju sesegera mungkin biar bisa mencoba serunya  booth dari sponsor.

Lakukan semua tantangan di berbagai booth yang kalian inginkan dengan baik karena hadiahnya cukup lumayan. Beberapa rejeki tiket M&G bisa tak terduga malah di dapat disini. Jangan lupa upload keseruanmu melalui instastories dan pakailah hashtag dan mention acaranya agar kalo ada challenge , kamu bisa meraih kesempatan langka lainnya. Perbanyaklah berdo’a biar bisa terpilih ikut M&G dan foto-foto seru bersama kreator yang kamu incar.

  •  Buanglah sampah pada tempatnya


Jangan lupa jagalah kebersihan.
Ini penting banget karena bakal banyak challenge dan booth yang akan menghasilkan sampah. Jangan lupa mencari posisi tempat sampah strategis biar bisa langsung buang sampah segera yaaa…. Mohon diingat, buang sampah sembarangan walau cuma selembar plastik tidak akan membuatmu keren malah menjadikan venue kotor.

  •        Keluarlah sesuai prosedur


Saat kamu keluar dari venue, kamu akan menemui rute yang berbeda dari saat kamu masuk venue. Rute keluar akan berbeda dan sedikit lebih jauh ya (kalau Surabaya) sehingga mohon amat sangat jangan suka berhenti di tengah jalan pintu keluar karena akan sangat menghambat jika keluarnya langsung ratusan orang. Huhu.



Ya sekian tips dan trik yang bisa dipergunakan buat nonton YouTube FanFest Showcase. Nikmati setiap momennya ya, dan kalo ada kesempatan, wajib pake banget foto sebelum dikerubung massa. Hehehe. Selamat menikmati YouTube FanFest Showcase di kota kalian masing-masing dan jangan lupa bagi keseruannya ya lewat sosial media.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.