Part of

Part of

Laporkan Penyalahgunaan

This Blog is protected by DMCA.com

Mamamoo Rilis Mini Album ke 10 'Travel' dan Kegiatan Individu Sepanjang 2020

Posting Komentar

Mamamoo comeback setelah satu tahun.

Dan kali ini ada yang berbeda dari gelaran kembalinya Mamamoo. Hadiah yang dinanti-nantikan oleh Moomoo, fans Mamamoo, selama satu tahun terakhir ini akhirnya terwujud nyata pada 3 November 2020. 

MNet sebagai penyelenggara acara survival idol, Queendom, akhirnya memberikan hadiah yang telah dinantikan oleh Mamamoo dan Moomoo dengan penuh kesabaran sampai rajin istighfar aku saking sabarnya. 

Comeback show!


 


Alhamdulillah, aku dikasih kesempatan bisa streaming lagu Mamamoo secara penuh kali ini di Melon, salah satu music chart dan music player app yang susah banget nembusnya. Entah bagaimana, lagu Mamamoo terdengar berbeda ketika diputar di aplikasi Melon ketimbang aplikasi pemutar musik lainnya. Lagu yang diputar terasa seperti keluar dari sound system konser yang menggelegar dan bisa mengecek demografi usia dan jenis kelamin yang mendengarkan lagu Mamamoo. 

Mini album Mamamoo yang ke-10, Travel, merupakan mini album yang diluncurkan setelah Reality in Black, full album berbahasa Korea ke-2 dan full album ke-3 dari Mamamoo. Travel merupakan akhir penantian panjang Moomoo menunggu comeback grup karena setelah promosi Reality in Black, seluruh anggota Mamamoo berpromosi secara solo. 

Promosi solo pertama dimulai dengan rilis birthday gift single, Snow pada bulan Desember 2019 milik Moonbyul yang dilanjutkan dengan rilis mini album pertama Moonbyul, Dark Side of the Moon pada bulan Februari 2020. Rencana awal konser solo Moonbyul pada bulan April 2020 diundur menjadi konser live ontact (digital concert) dan rilis Intro : Satellite dan Absence di bulan Mei 2020. Moonbyul yang merilis 3 lagu kolaborasi dengan berbagai penyanyi sebagai rapper seperti Weird Day dan Say Yes (Punch) dan Greedy (Brown Eyed Girls' JeA), serta debut sebagai Radio DJ pada program Avengirls di Naver.Now pada bulan Juli 2020. 


 


Di tengah-tengah kesibukannya, Moonbyul berhasil menulis 70 lagu yang terdaftar di KOMCA, institusi yang mencatat hak cipta lagu di Korea dan 7 lagu yang terdaftar di JASRAC, institusi yang mencatat hak cipta lagu di Jepang. Banyaknya lagu yang ditulis Moonbyul menjadikan dirinya sebagai member girl group dengan diskografi penulisan lagu terbanyak sepanjang masa setelah Miryo dari Brown Eyed Girls.  Di mini album Travel, Moonbyul menulis 5 dari 6 lagu yang ada dan membuat 1 komposisi musik di main title, Aya. Moonbyul merupakan member favorit aku karena patah hatinya dia bertahun-tahun lalu tetap menghasilkan karya (dan tak lupa pula cuan!), sebuah broken heart goal untuk tidak sedih berlarut-larut dan menjadikan rasa sedih sebagai inspirasi melanjutkan hidup. 



Member selanjutnya yang berpromosi solo, Solar yang merupakan leader dari Mamamoo. Setelah membuka channel YouTube nya pada Februari 2019, Solar konsisten mengunggah konten video yang berisikan tantangannya dalam mengerjakan isu sosial yang jarang diangkat oleh publik seperti praktek sunat perempuan dan asumsi tangan kidal di masyarakat. Selain itu, Solar konsisten tampil di reality show seperti On & Off (TvN), Gamsung Camping (JTBC), dan terbaru mulai 8 November 2020, Boss in the Mirror (KBS). Di bulan April 2020, Solar berhasil debut solo dan mengeluarkan single album, Spit It Out. 



Ratunya OST di Mamamoo, Wheein, merilis OST di berbagai drama yang menjadi bahan perbincangan selain dengan Mamamoo yang merilis I Miss You untuk Dr. Romantic 2. Drama yang menggunakan suara Wheein adalah Hospital Playlist dengan lagu With My Tears dan Record of the Youth dengan lagu Shine on You. Kedua rilis lagu tersebut mampu bertahan di peringkat 18 dan 172 Gaon Chart. Wheein juga merilis dua lagu kolaborasi dengan Din Din yaitu do do do do dan Peakboy dengan lagu Diet!. Walau penampilan media Wheein terdengar jarang, Wheein memilih konsisten untuk mempersiapkan album solonya yang diperkirakan rilis setelah promosi Travel selesai. 



Member tersibuk di Mamamoo, Hwasa, melakukan banyak kolaborasi seperti Physical dengan Dua Lipa, Q dengan Oneus, dan Don't Touch Me bersama Refund Sister (Uhm Junghwa, Lee Hyori, dan Jessi). Selain itu merilis OST dari The King : Eternal of Monarch yang berjudul Orbit. Hwasa juga termasuk yang ter-rajin tampil di variety show seperti I Live Alone, Hangout with Yoo dan Hidden Singer serta menjadi brand ambassador untuk The Sims 4 dan Adidas. Pada 29 Juni 2020, Hwasa merilis mini album 'Maria'. 

Balik lagi ke mini album Travel, terdapat 6 lagu yang diproduseri oleh CEO dari agensi Mamamoo, Kim Dohoon, dengan penulis lagu dan komposer yang berbeda. Moonbyul dan Hwasa berpartisipasi pada penulisan lirik dan pembuatan musik. Lagu-lagunya adalah: 

1. "Travel"

Lirik               : Kim Do-hoon,Park Woo-sang,Moonbyul

Music             : Kim Do-hoon,Park Woo-sang

Arrangement :  Kim Do-hoon,Park Woo-sang

3:32

Bosan di rumah? Atau selama pandemi lebih suka jalan-jalan di dalam mobil supaya tak bosan dengan kamar sendiri?Lagu pembuka yang menjadi album title ini mengobati kerinduan kita travelling. Iramanya yang menyegarkan membuat lagu ini teman yang pas untuk bepergian atau ketika perasaan ingin jalan-jalan membuncah.

 


2. "Dingga" (딩가딩가)

Lirik                 : Kim Do-hoon,Park Woo-sang,Moonbyul

Musik               : Kim Do-hoon,Park Woo-sang,Hwasa

Arrangement     : Kim Do-hoon, Park Woo-sang

2:59

Pre-released single yang diluncurkan 20 Oktober 2020 ini lagu dengan petikan gitar yang funky dengan EDM yang bikin candu. Lagu ini cocok banget buat kamu yang suka goyang-goyang heboh sendirian dan kangen banget berpesta di luar rumah.


3. "AYA"

Lirik                     : Kim Do-hoon,Lee Sang, Moonbyul

Musik                   : Kim Do-hoon,Lee Sang, Moonbyul

Arrangement         : Kim Do-hoon, Lee Sang, Minky

3:31

Main title 'Aya' merupakan lagu dengan tiupan suling dengan irama yang mengingatkan kita pada nuansa Timur Tengah. Lagu ini bercerita tentang mengakhiri hubungan yang beracun seperti halnya dengan mencabut gigi yang busuk, walau meninggalkan rasa sakit, tapi hanya mengeluarkan setetes air mata dan merasa lega setelahnya.


4. "Chuck" (척)

Lirik                     : Kim Do-hoon, TENTEN, Moonbyul

Musik                   : Kim Do-hoon, TENTEN

Arrangement        :  TENTEN

3:17

Chuck bercerita tentang usaha mengakhiri pertengkaran tiada akhir dan berusaha mencintai diri sendiri dari hubungan yang tidak bisa diteruskan lagi. Ciri lagu Mamamoo uang jazzy bisa ditemukan di lagu ini. 


5. "Diamond"

Lirik                      : Kim Eana, Park Woo-sang

Musik                    : Kim Do-hoon, Park Woo-sang

Arrangement          : Kim Do-hoon

2:40

Lagu lain di mini album ini yang memiliki ciri khas jazz dengan Kim Eana sebagai penulis lirik yang terkenal menciptakan lagu untuk IU. Diamond bercerita tentang memulai hubungan dengan seseorang yang bisa melihat sesuatu yang tersembunyi dan berharga dari orang yang dicintainya.


6. "Good Night" (잘자)

Lirik                        : Jeon Dawoon, Coco Tofu Dad, Moonbyul

Musik                      : Jeon Dawoon, Coco Tofu Dad

Arrangement           : Jeon Dawoon, Coco Tofu Dad

4:09

Susah tidur? Dengarkan Good Night (잘자). 

Vokal Mamamoo yang terkenal prima dan berwarna akan menemani malam kamu yang susah tidur. Berharap kamu bisa tidur nyenyak dengan lagu ini.

Related Posts

Posting Komentar